Ganesha Merangkul, Langkah Kecil Persembahan PK-53 Ganesha Bianglala

The world won’t get better by itself. We must set big goals and hold ourselves accountable every step of the way – Sue Desmond-Hellmann, CEO of the Bill & Melinda Gates Foundation

Seperti yang diungkapkan oleh Sue Desmond-Hellmann, sesungguhnya perubahan tak akan pernah terjadi kalau kita tidak melakukan apapun. Karena itulah segenap anggota PK-53 Ganesha Bianglala merasa terpanggil untuk ikut serta dalam perubahan, sekecil apapun itu.

Adalah Desa Sirnajaya yang terletak di Kecamatan Sukamakmur Kabupaten Bogor yang menjadi sasaran utama PK-53. Desa ini terdiri dari Dusun I, Dusun II, dan Dusun III. Dengan luas sekitar 1.567,7 hektar dan mayoritas lahannya merupakan kawasan pemukiman, sawah, pertanian, perkebunan dan pegunungan.

IMG_0497

Gambar: Tim MI-53 Bersama Perangkat Desa Sirnajaya

Infrastruktur desa ini terbilang kurang baik dengan kondisi di mana mayoritas jalan desa merupakan jalan berbatu. Perjalanan antar dusun dan dari ataupun keluar desa seringkali menghabiskan waktu berjam-jam karena kendaraan yang ditumpangi harus ekstra hati-hati.

Program Ganesha Merangkul

Setelah beberapa kali tim Ganesha Bianglala mengadakan survey langsung ke lokasi, kami merumuskan kontribusi nyata yang bisa dilakukan untuk memperbaiki kondisi Desa Sirnajaya. Dimulai dengan pembentukan nama, Ganesha Merangkul dipilih sebagai nama kegiatan karena melalui gerakan ini kami bermaksud untuk merangkul segenap kalangan untuk maju bersama.

Program utama kami antara lain SAKOLA ABDI, RUMAH CAHAYA dan GALA MENGAJAR. Sakola Abdi merupakan pembangunan sekolah guna menyediakan sarana belajar yang layak untuk MI dan MTs. Rumah Cahaya terfokus pada revitalisasi perpustakaan yang ada di Dusun III sehingga dapat berfungsi semaksimal mungkin. Program terakhir yaitu Gala Mengajar merupakan program pemberdayaan masyarakat melalui pendidikan baik formal dan informal.

photo702001474295671281

Gambar 2: Skema Program Ganesha Merangkul

Gala Mengajar memiliki 5 sub-program, yaitu Kelas Gala, Guru Gala, Orang Tua Gala, Gala PKK dan Gala Berwirausaha. Semua kegiatan Gala Mengajar melibatkan peran serta berbagai pihak, mulai dari guru sekolah, orang tua wali murid, warga desa sampai dengan anggota PK-53 sendiri.

Sekolah, Buku dan Aktivitas Mengajar

Program Sakola Abdi ini dilatarbelakangi oleh kurangnya sarana belajar yang layak. Saat ini sekolah yang ada di Dusun 3 hanya memiliki 3 ruang kelas yang digunakan bergantian oleh murid kelas 1 – 9. Saking tidak kondusifnya kondisi kelas yang ada, para siswa bahkan terpaksa belajar di mushola dan teras, bahkan berbagi gedung antara murid MI dan MTs.

photo702001474295671328

Gambar 3: Siswa/i Sedang Belajar di Teras

Tak jauh berbeda dengan Sakola Abdi, Rumah Cahaya juga diinisiasi setelah mengamati kondisi perpustakaan yang ada di Dusun 3 tersebut. Minat baca yang terbilang kurang merupakan sebuah pertanda buruk bagi kemajuan bangsa, oleh karena itulah perpustakaan menjadi satu fokus kami dengan usaha pembangunan kembali perpustakaan serta melengkapinya dengan buku bacaan bermutu sehingga diharapkan dapat menjadi sumber pengetahuan siswa sekolah maupun masyarakat pada khususnya.

Jelas kami ingin bahwa gerakan ini bukan hanya milik tim Ganesha Merangkul semata. Oleh karena itu guru pun kami libatkan dalam Kelas Gala dan Guru Gala. Kelas Gala nantinya merupakan program pengajaran bagi anak-anak SD, MI, dan MTS baik formal maupun informal guna mengasah dan meningkatkan minat dan bakat anak murid. Program Guru Gala merupakan program pelatihan guru guna meningkatkan kualitas 22 guru di Desa Sirnajaya.

photo765921857654335461

Pembangunan Kelas di Desa Sirnajaya yang Terbengkalai

Para orang tua murid juga dilibatkan dalam Orang Tua Gala, Gala PKK dan Gala Berwirausaha. Orang Tua Gala adalah program pendidikan untuk orang tua mengenai pentingnya pendidikan bagi anak-anak mereka dan peran pendidikan sebagai kunci utama untuk mengeluarkan masyarakat dari lingkaran kemiskinan.

Gala PKK merupakan program pemberdayaan perempuan dimulai dengan strukturisasi PKK yang ada di Dusun III. Melalui program ini kami akan memberikan pelatihan-pelatihan kepada ibu-ibu PKK di Desa Sirnajaya. Sementara Gala Berwirausaha adalah program untuk meningkatkan perekonomian desa melalui UMKM.

Perkembangan Ganesha Merangkul, sekecil apapun akan selalu kami update di website Ganesha Bianglala. Jangan lupa untuk selalu memantau http://ganesha-bianglala.org/


Penulis: Putri Utaminingtyas

Share this:
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail