Jejaku dan Rumah Cahaya

Ganesha Merangkul punya teman baru! Perkenalkan: Jejaku alias Jelajah Buku, salah satu donatur buku cerita dan pelajaran anak-anak. Siapa Jejaku dan bagaimana kami bertemu, simak ceritanya!

 photo680071495836346591

Berbagi, Ceria dan Membaca

Jejaku sebenarnya adalah singkatan dari Jelajah Buku, sebuah komunitas yang terbentuk pada 14 Februari 2016. Penggagas Jejaku, Henny, menyampaikan sampai saat ini kurang lebih ada 8 orang yang terlibat dalam Jejaku. Walaupun masih terbilang muda, komunitas ini termasuk cukup aktif dalam menggiatkan minat baca di kalangan anak-anak.

Jejaku memiliki 3 program utama yaitu Jejaku Berbagi, Jejaku Ceria dan Jejaku Membaca. Program utama, Jejaku Berbagi, merupakan program yang kami buat untuk berbagi kepada rumah baca atau taman baca atau lainnya yang membutuhkan buku. Jumlah yang kami donasikan minimal 100 buku.Untuk saat ini kami sudah lakukan di Ternate, Bangka, Serpong, Pekanbaru, Bogor, Rawamangun, Trenggalek dan Lampung Selatan. Kebetulan yang 3 terakhir sedang dalam tahap pengiriman.

Jejaku Ceria adalah program yang kami rancang untuk berbagi keceriaan dengan adik-adik di tempat-tempat yang direferensikan. Jejaku Ceria mencakup dongeng, menggambar, mewarnai, membuat prakarya sederhana, games dan bermain angklung. Program terakhir, yaitu Jejaku Membaca adalah program yang dicanangkan sebagai perpustakaan keliling. Rencananya kami akan membuat rak buku mobile yang mudah dibawa ke mana-mana dan pastinya berisi banyak buku baik untuk anak maupun umum.

Menemukan Rumah Cahaya

jejaku2

Awal perkenalan Jejaku dengan Rumah Cahaya diawali dari perbincangan antara Henny dengan anggota PK-53 yang juga membantu rumah baca di Trenggalek. Dalam diskusinya Henny sempat bertanya, kira-kira siapa lagi yang membutuhkan buku untuk perpustakaannya. Dari sinilah Henny dikenalkan pada Ikhsan, PIC Rumah Cahaya. Sebelum mengirimkan donasi, Henny terlebih dahulu memastikan jenis dan genre buku apa yang dibutuhkan oleh Rumah Cahaya. Hasilnya, 100 buku terkirim untuk Rumah Cahaya.

Tertarik untuk mengenal Jejaku lebih jauh? Silahkan hubungi kontak di bawah ini:
WA : 0812 8164 6152
Telp/SMS : 085 10570 6069
Twitter: @jelajahbukuid
Email : komunitasjelajahbuku@gmail.com


Penulis: Putri Utaminingtyas

Share this:
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail