Mulung Elmu: Program Menyapa Indonesia Angkatan 46 LPDP

Hari Minggu, 7 Februari 2016 Sobat Bianglala mendapat undangan untuk hadir ke Grand Launching project Menyapa Indonesia Angkatan 46 LPDP. Menyapa Indonesia? Apaan sih itu? Proyek spesial ini merupakan salah satu program yang dipersiapkan oleh awardee LPDP dari berbagai angkatan. Untuk info lebih lengkapnya bisa diintip di web http://menyapa-indonesia.com/ ya.

photo680071495836346327

Proyek Menantang dari Sajayantara

PK-46 atau yang disebut Sajayantara ini punya proyek seru, yaitu Mulung Elmu yang diadakan di Saung Elmu Lapak Pemulung Bos Basri. Lokasinya berada di di Jl. Jati Padang Poncol Gg. Menara, Jati Padang, Pasar Minggu (Lapak Pemulung Bos Hasan Basri depan SMPN 218 Jakarta).

photo680071495836346329

Sobat Bianglala yang kali ini diwakili oleh Atina Izza sebagai Ketua MI-53, Bratara Damanik sebagai Wakil Ketua MI-53, Gerry Handaru dan Putri Utaminingtyas berkesempatan hadir di lokasi tepat pukul 10 pagi. Grand launching baru saja dibuka oleh perwakilan PK-46 dengan kata pengantar dari Ketua MI PK-46 Vera dan sambutan dari pihak LPDP yaitu Ibu Rumtini.

Dalam pembukaannya Ibu Rumtini menekankan bahwa peran orang tua sangat penting dalam tumbuh kembang dan pendidikan anak, terutama kepedulian mereka agar mendorong putra-putrinya sekolah setinggi mungkin. Arahan Ibu Rumtini ini lebih difokuskan pada kenyataan bahwa lingkungan Saung Elmu mayoritas ditempati oleh kalangan berpendidikan minim dan perubahan atas kondisi tersebut hanya dimungkinkan melalui pendidikan. Di situlah kakak-kakak awardee LPDP dan tenaga volunteer diperlukan.

Asah Asih Asuh

Program Mulung Elmu ini fokusnya adalah pemberdayaan anak-anak di Lapak Pemulung Bos Basri, Jati Padang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Gerakan ini punya 3 program utama, yaitu Mulung Asah, Mulung Asih dan Mulung Asuh.

photo680071495836346328

Mulung Asah diwujudkan dengan mendukung fondasi akademis yang kuat bagi anak-anak dan remaja Lapak Pemulung dengan sistem belajar dan Kejar Paket. Mulung Asih memfasilitasi sarana/media pembelajaran yang dapat menciptakan atmosfer pembelajaran yg kondusif & menyenangkan untuk memicu kreativitas & inovasi. Sementara program terakhir yaitu Mulung Asuh adalah pendampingan adik-adik asuh untuk menumbuhkembangkan motivasi belajar dan semangat regenerasi melalui pendekatan intrapersonal.

Bermain, Belajar dan Bercerita

Sesaat setelah acara resmi dibuka, ada persembahan khusus musikalisasi puisi dari anak-anak pemulung. Suara polos dan lucu mereka saat membaca puisi ditingkahi petikan gitar dari musisi PK-46 cukup menghanyutkan suasana. Sempat terjadi adegan lucu saat salah seorang bocah refleks berkata “Lho, mana?” saat tiba gilirannya membaca puisi. Kontan seisi saung tertawa mendengan kepolosan anak itu

Setelah musikalisasi puisi, tiba-tiba sang gitaris memainkan melodi yang sangat dikenal Sobat Bianglala. Apalagi kalau bukan alunan Laskar Pelangi. Aduh, nuansa PK dan Class Call-nya langsung teringat kembali.

Setelah itu saatnya kakak-kakak volunteer beraksi dengan mengajarkan prakarya dan bermain dengan anak-anak tersebut. Permainannya lumayan seru lho, melibatkan kreativitas dan keingintahuan anak-anak tersebut. Usai permainan, salah satu volunteer yang bernama Kak Asti menarik perhatian bocah-bocah dengan mendongeng mengenai Naga Jono, Ollie si Burung Hantu dan sampah-sampah di sekitar mereka. Kisah yang menarik dan cukup relevan, mengingat lokasi di sekitar tersebut adalah kediaman para pemulung.

photo680071495836346330

Cukup menarik juga ya acara Grand Launching Menyapa Indonesia kali ini. Penasaran dengan kelanjutan gerakan Mulung Elmu atau program Menyapa Indonesia lain? Tunggu ya!


Penulis: Putri Utaminingtyas

Share this:
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail