Opening PK 53 “Badai” Berkat Tiga Serangkai

Opening PK-53 Ganesha Bianglala di Aula Sawala

Opening PK-53 Ganesha Bianglala di Aula Sawala, Gedung Kementerian Keuangan A.A. Maramis

Rangkaian Persiapan Keberangkatan (PK) 53 Ganesha Bianglala yang berlangsung pada 18 – 23 Januari 2016 lalu masih membekas di hati dan sanubari. Meskipun sudah 2 bulan berlalu, kebanggaan menjadi satu-satunya angkatan pada batch IV 2015 yang melaksanakan Opening di Aula Sawala Gedung Kementerian Keuangan A.A. Maramis tetap terasa. Keberhasilan PK-53 dalam mempersembahkan Opening yang “badai” tak terlepas dari tiga serangkai, yaitu Fajrin Yoga Hanggoro (PIC Opening), Agung Santoso (PIC Logistik Opening), dan Mandhara Brasika Ida Bagus (PIC Tari Opening). Simak kilas balik momen Opening dari ketiga sosok penting ini!

 

Fajrin Yoga Hanggoro (PIC Opening)

Fajrin Yoga Hanggoro – Awardee LPDP Program Magister (S2) Luar Negeri, tujuan University of Sussex, The United Kingdom.

Opening PK-53 dipuji sebagai salah satu pembukaan yang minim kritik dari pihak panitia PK LPDP pada saat gladi bersih. Hal itu tidak terlepas dari kerja teman-teman Ganesha Bianglala yang bekerja sepenuh hati untuk mempersiapkannya. Saya ditunjuk sebagai PIC Opening, tapi sayangnya saya tidak dapat bekerja secara optimal karena kesibukan di tempat kerja beberapa hari sebelum PK dimulai. Hebatnya, tim Opening terutama Agung Santoso sangat luar biasa dalam mengisi kekosongan peran saya tersebut. Persiapan dan penyempurnaan terus dilakukan secara serius meskipun di sela-sela kegiatan PK yang jadwalnya sangat padat. Kami ditantang untuk menyelenggarakan Opening di Gedung Kementerian Keuangan, sehingga terbakarlah semangat kami untuk berlatih hingga malam hari. Hasil akhirnya adalah Opening yang tidak terlupakan bagi kami. PK-53 bikin bangga!

 

Agung Santoso (PIC Logistik Opening)

Agung Santoso – Awardee LPDP Program Magister (S2) Luar Negeri, tujuan Queen Mary University of London, The United Kingdom.

Tanpa diduga, gladi resik Opening mendapat tanggapan yang sangat posistif dari tim PK. Hal ini tidak lepas dari persiapan dan kerja keras para performer tari, supporter, koordinator Unit Kelompok Tari (Mandhara Brasika Ida Bagus) dan Musik (Cesco Wowor) serta MC Opening (Joseph Hendrik dan Kartika Budianti Lestari). Saya pun salut pada Andini Nurkusuma Wardhani, skill dan penghayatannya dalam menjadi dirigen (pemandu paduan suara) sangat mengesankan dan mendapat pujian dari PIC PK Moh. Kamiluddin. Saya juga kagum dengan persembahan Tari Jauk oleh Mandhara yang memberikan warna tersendiri dengan nuansa humor. Persembahan Tari Pasambahan yang dipimpin oleh Evelynd juga dibawakan dengan rapi dan apik. Berkat dukungan berbagai pihak yang sangat berdedikasi, Opening PK-53 dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar. Bahkan tanpa diduga, di penutupan PK-53, saya mendapat penghargaan dari tim PK untuk kategori “Peserta paling kontributif dalam Opening”. Terima kasih Ganesha Bianglala!

 

Mandhara Brasika Ida Bagus (PIC Tari Opening)

Opening yang penuh intrik, dimulai dari sulitnya untuk latihan tari dengan tim lengkap, telat bangun saat hari-H Opening, name tag penari yang tertinggal, tidak ada ruang ganti kostum dan rias para penari, hingga ribetnya mengenakan kostum tari Pasambahan dan Jauk di belakang panggung. Bagian menegangkan makin memuncak saat para Direksi LPDP memasuki aula. Saya sebagai penari Jauk menyambut kedatangan direksi dengan meminta beliau untuk menirukan gerakan saya. Untungnya, Bapak Eko Prasetyo dan Bapak Abdul Kahar berjiwa besar dan bersedia MENARI ROBOT! Inilah hebatnya sebuah seni! Ketegangan mulai mencair seiring penampilan Tari Pasambahan yang kemampuan penarinya tak diragukan lagi. Senyuman mereka memikat semua penonton, manis sekali.

photo633602131537013067

Jauk, diperankan oleh Mandhara Brasika Ida Bagus – Awardee LPDP Program Doktor (S3) Luar Negeri, tujuan University of Oxford, The United Kingdom.

Suatu kehormatan bagi saya diberi selamat oleh PIC PK dan diminta foto bareng. Beliau bangga dan merasa sangat tepat memberi kesempatan untuk PK-53 melakukan Opening di Kementerian Keuangan. Itulah kisahnya, Ganesha Bianglala bikin pecah Aula Sawala!


Penulis: Evelynd

Share this:
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail