Sakola Abdi, Wadah Kami Mengabdi

Dengan bangga MI-53 Ganesha Merangkul mempersembahkan Peresmian Sakola Abdi yang digelar pada hari Minggu, 29 Mei 2016 lalu. Acara ini dihadiri dan diresmikan oleh Sekjen Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT) Dr. Anwar Sanusi, Kadis Pendidikan Kabupaten Bogor Tb. Lutfie Syam dan Abung Sewaka selaku perwakilan dari BPZIS Mandiri. Peresmian ini juga diliput oleh media cetak Radar Bogor, TVRI, MNC Media dan lain-lain.

Acara inti di panggung utama dibuka dengan penampilan marawis dan persembahan lagu dari tim paduan suara siswi MTs Al Inayah. Setelah sambutan dari jajaran pejabat yang hadir dan perangkat desa, Atina Izza selaku Ketua MI PK-53, BPZIS Mandiri, Kadis Kab. Bogor dan Sekjen Kemendesa PDTT meresmikan gedung MTs Al Inayah secara simbolik berupa pengguntingan pita dan serah terima kursi.

Penampilan Marawis oleh siswi MTs Al Inayah

Penampilan Marawis oleh siswi MTs Al Inayah

Di waktu yang bersamaan tim Ganesha Merangkul juga membuka pelayanan kesehatan, khitanan massal dan cek kesehatan gratis bagi penduduk Desa Sirnajaya. Keseluruhan kegiatan medis diikuti oleh 10 peserta khitan dan 241 peserta cek kesehatan.

photo680071495836346554

Sabrina Erriyanti, salah satu anggota Ganesha Bianglala yang juga merupakan dokter, melakukan pemeriksaan kesehatan gratis untuk warga desa Sirnajaya

Di tengah wawancaranya dengan media, Dr. Anwar Sanusi mengapresiasi program Ganesha Merangkul. “Dengan adanya sekolah ini semoga menjadikan sumber daya manusia di desa lebih baik.”

Sekjen Kemendesa PDTT, Dr. Anwar Sanusi sedang diwawancarai oleh MNC Media

Sekjen Kemendesa PDTT, Dr. Anwar Sanusi sedang diwawancarai oleh MNC Media



Behind the Scene

Di balik meriahnya panggung peresmian hari itu sebenarnya tersimpan banyak cerita. Salah satunya adalah kesediaan Aldian Giovanno untuk menetap selama kurang lebih 2 bulan di Desa Sirnajaya. Ditanya komentarnya hidup menyendiri, Aldi tertawa sambil berkata “Ini kayak KKN lagi”.

Aldian Giovanno, PIC Peresmian Sakola Abdi

Aldian Giovanno, PIC Peresmian Sakola Abdi

Aldi sebagai penanggung jawab acara Peresmian juga termasuk yang paling sibuk menjelang acara. Sehari sebelum peresmian, Aldi dan 19 orang lainnya menginap di Desa Sirnajaya. Bukan hanya untuk gladi resik, tapi juga gotong-royong bersih-bersih, membangun panggung acara dan baliho sampai dengan membantu di bidang konsumsi.

photo663089869457828936

Proses pemasangan umbul-umbul oleh pria-pria tangguh Ganesha Bianglala

Pagi hari sebelum acara pun tim yang menginap masih harus menyelesaikan tugas yang tidak sedikit. Kebetulan lokasi panggung utama terpisah dari ruangan cek kesehatan dengan kontur lokasi yang menanjak sehingga cukup menguji ketahanan fisik untuk beberapa personil.

Tim Konsumsi Peresmian Sakola Abdi sedang mengantarkan makanan untuk Tim Medical Check-Up

Tim Konsumsi Peresmian Sakola Abdi sedang mengantarkan makanan untuk Tim Medical Check-Up

Atina Izza selaku ketua MI-53 menyampaikan bahwa kepemimpinannya tidak akan berarti apa-apa tanpa kerjasama, support dan juga kerja keras dari seluruh anggota. Kontribusi apapun mulai dari dukungan doa, media social, iuran dan juga ide serta tenaga merupakan faktor yang sangat besar bagi keberhasilan program-program Ganesha Merangkul.  Tak lupa Izza juga menyampaikan ajakannya untuk tetap menunjukkan semangat yang sama karena masih ada program Ganesha Merangkul lain, yaitu Rumah Cahaya dan Gala Mengajar.

Kumpulan foto Peresmian Sakola Abdi


Penulis: Putri Utaminingtyas

 

Share this:
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail