Tentang Kami

Hello there! Selamat datang di Ganesha Bianglala. Kami adalah sebuah kelompok calon penerima beasiswa LPDP dari Kementerian Keuangan. 118 karakter, 118 pribadi, 118 ide dari berpuluh suku bangsa melebur menjadi satu membentuk sebuah komunitas yang berwarna bagai bianglala.

Gala, yang dijadikan logo Ganesha Bianglala ini memiliki filosofi representasi Ganesha yang merupakan dewa pengetahuan dan kebijaksanaan. Gala tersenyum bangga mengenakan mahkota bianglala, menggambarkan sikap optimis dan ceria dalam menghadapi tantangan.

Apabila diperhatikan lebih cermat, Gala ini sebenarnya merupakan sebuah angka 53, representasi dari nomor urut angkatan. Warna oranye dan kuning terlihat dominan pada Gala, melambangkan semangat yang membara dalam mengejar cita-cita pendidikan. ​Ganesha Bianglala dicanangkan tidak hanya berhenti sampai proyek penutupan usai. Kami merupakan komunitas yang akan hadir dengan proyek-proyek baru. Untuk itu jangan lupa untuk mengikuti berita terbaru kami melalui tautan media sosial Ganesha Bianglala.

Kelompok PK-53 adalah keluarga yang dibentuk oleh LPDP pada tanggal 19 Desember 2015. PK, sebutan singkat untuk Persiapan Keberangkatan, merupakan program LPDP untuk mempersiapkan para awardee menjelang masa kuliahnya. Acara ini bersifat wajib dan berlangsung selama 6 hari.

Pembentukan PK-53 diawali melalui mailing list dan chatting group Telegram. Di sinilah kami, sekitar 118 orang, mengutarakan ide, pendapat, masukan, kritik dan saran satu sama lain. Tergabung di chatting group ini berarti harus siap menanggung resiko: baterai telepon genggam cepat habis dan dipandang aneh oleh orang-orang sekitar karena sering tersenyum sendiri atau bahkan terbahak membaca obrolan yang serius tapi sangat santai.

Kehebohan demi kericuhan terjadi saat tugas-tugas berdatangan, apalagi saat tugas pertama diberikan. Jangan salah, sebelum PK resmi dimulai, anggota tidak dibiarkan bersantai tanpa tugas. Seluruh anggota harus bersiap menghadapi sesi yang dinamakan Pra-PK. Tugas utama dan pertama adalah memilih Ketua Pra-PK.

Musyawarah pemilihan berhasil menghasilkan Adiguna Bahari sebagai Ketua. Proses selanjutnya kami, para anggota Pra-PK 53, dipimpin oleh Adiguna. Tentu saja Adi tidak dibiarkan sendiri, dia dibantu oleh 5 orang lainnya dalam mengkoordinir tugas dan penyiapan notulensi.

Tugas berikutnya yang juga membuat Telegram ramai adalah pemilihan nama angkatan. Dari beberapa ide yang diusulkan, terpilihlah Ganesha Bianglala sebagai nama angkatan PK-53. Dalam filosofi nama tersebut, Ganesha melambangkan pendidikan, ilmu, dan kearifan. Unsur kedua, yaitu Bianglala memiliki arti pelangi.

Dengan nama Ganesha Bianglala, kami memiliki harapan yang sangat tinggi agar dapat menjadi pejuang bangsa yang arif, pembawa harapan, dan insan yang tidak mudah menyerah di tengah keberagaman kami yang terdiri dari berbagai suku bangsa di Indonesia.

Tetaplah mengikuti perkembangan dan kisah angkatan PK-53 di website Ganesha Bianglala ini.