Tips Melanjutkan Studi S3 ke Eropa

study-in-europe

Kejarlah ilmu hingga ke negeri Cina! Demikianlah pepatah Indonesia berbunyi. Mungkin kita tidak harus secara literal belajar di negeri Cina. Tapi esensinya adalah kejarlah ilmu setinggi-tingginya. Sobat Bianglala dimana pun kamu berada, berikut adalah tips untuk kamu-kamu yang hendak melanjutkan studi ke jenjang S3 khususnya ke Eropa.

Tips #1

Cari tahu dan tentukan research interest kamu. Research interest adalah area dan topik yang sangat spefisik yang akan kamu teliti selama studimu. Jika Sobat Bianglala masih galau dan tidak tahu apa research interest-nya maka perbanyaklah waktu untuk membaca jurnal-jurnal terkini.

Tips #2

Mulailah mencari calon dosen pembimbing. Bagaimana caranya? Ada dua cara. Pertama, dari jurnal artikel yang merupakan research interest Sobat Bianglala. Jika kamu rajin membaca, maka akan mudah buat kamu untuk mengetahui pentolan-pentolan dari topik tersebut. Kedua, dari editorial board jurnal yang memuat research interest kamu. Lalu telusurilah jurnal artikel yang ditulis oleh mereka.  Mengecek resume dari calon dosen pembimbing juga tidak kalah pentingnya loh. Ini akan memberikan gambaran kepada kamu siapa beliau itu.

Tips #3

Kumpulkan semua keberanianmu dan mulailah melakukan korespondensi dengan calon dosen pembimbing. Pada tahap ini yang penting adalah jadilah dirimu sendiri! Bertanyalah jika memang tidak tahu. Jangan menjual image yang salah. Biasanya mereka sangat helpful dan bersedia menjawab melalui email.

Nah, Sobat Bianglala, tiga tips di atas semoga bisa membantu kamu-kamu yang masih bingung. Ingatlah setiap usaha pasti ada hasilnya. Selamat berusaha!

Salam Bianglala!


 

Penulis: Rosaline Tandiono

Share this:
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail