Yang Dicari Pewawancara LPDP

beruang-melbourne

Hari ini, sewaktu akan berangkat ke kampus, tiba-tiba seorang Bapak berwajah Indonesia menyapa saya di depan Queen Victoria Market.

“Excuse me, do you know how to get to University of Melbourne?

“Actually I’m heading to the campus. You can join me if you don’t mind

“Aha! Thank you! By tram?

“No, walking. It’s only 10 minutes walking from here

“Sure.. Sure.. Thank you. Are you from Pakistan?” tanya si Bapak

“No. Indonesia.

“Oooo Indonesia.. Saya juga dari Indonesia.” Nah lho.. Hahaha, ternyata si Bapak tertipu oleh penampilan saya. Sejak saat ini akhirnya pembicaraan berlangsung dalam Bahasa Indonesia. Beliau ternyata dosen di salah satu universitas di Makassar yang sedang berkunjung ke Australia. Hari ini berencana ke Queen Victoria Market, tapi sayangnya hari Rabu tutup jadi beliau berencana untuk jalan-jalan di sekitar University of Melbourne saja.

Di awal pembicaraan beliau bertanya mengenai kuliah S1 saya jurusan apa dan apakah saya ke sini atas beasiswa. Saat saya bilang bahwa saya awardee LPDP, beliau cukup antusias dan bilang bahwa baru saja menyelesaikan tugas sebagai pewawancara.

Jelas donk saya tertarik dan langsung bertanya apa yang menarik selama beliau menjadi pewawancara. Jawabannya ternyata simple

“Ya itu mbak, sayang sekali… Banyak yang pintar tapi tidak jelas nanti kembali ke Indonesia mau jadi apa. Yang mau diberikan untuk kita itu nggak bisa disampaikan dengan baik.”

Saya manggut-manggut.

Kilas balik ke masa-masa persiapan wawancara dulu, apa saja yang disiapkan, bagaimana cara saya menjawab pertanyaan pewawancara. Menurut saya hal ini sangat personal dan tidak bisa ditiru yak arena jawabannya adalah hasil penggabungan pengalaman kerja, cita-cita dan hasil riset mengenai mata kuliah yang akan diambil.

Kalau ada yang mau mencontek jawaban saya ya susah wong belum tentu yang bersangkutan punya pengalaman kerja seperti saya. Mau niru keinginan? Gampang sih, tapi bisa diramu dengan jurusan yang diambil nggak?

Jadi intinya buat yang sedang masa persiapan untuk seleksi LPDP, siapkan jawaban yang matang untuk pertanyaan “apa yang bisa kamu berikan untuk Indonesia”.

Good luck!

Penulis: Putri Utaminingtyas
Image source: http://unimelb.tumblr.com/post/137524336503/did-you-get-a-vtac-offer-from-the-university-of

Share this:
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail